Selasa, 31 Januari 2017

Jika Kamu Pengguna Motor Skutik, Jangan Lupakan Oli Yang Satu Ini

Jika Kamu Pengguna Motor Skutik, Jangan Lupakan Oli Yang Satu Ini - Untuk motor skutik, sebenarnya ada dua jenis oli yang wajib diperhatikan.

Yang pertama adalah oli mesin, oli ini benar-benar wajib diperhaitkan oleh pemilik motor skutik. Dan yang kedua, yang tak kalah pentingnya dengan oli mesin, yaitu oli gardan.

Oli ini kadang-kadang terlupakan dari perawatan, padahal perannya sama penting dengan oli mesin.

Seperti yang dikatakan oleh seorang mekanik AHASS Bintang Motor, Jakarta Timur, Muhammad Robiansyah, yang saya kutip dari Kompas.com, "Orang tahunya ganti oli mesin. Padahal oli gardan juga penting, sama seperti oli transmisi pada mobil".

Selain itu, Robi juga menjelaskan bahwa peran oli ini benar-benar penting. Oli ini akan melumasi bagian-bagian yang saling bergesekan pada transmisi otomatis matik. Apabila bagian yang bergesekan tersebut tidak dilumasi, maka akan menimbulkan suara berisik paga bagian boks CVT belakang.

Jika Kamu Pengguna Motor Skutik, Jangan Lupakan Oli Yang Satu Ini

Nah, buat kamu pengguna motor skutik, sebaiknya jangan lupa untuk merawat oli gardan. Kamu tau kan kapan oli gardan harus diganti?

Untuk penggantian oli gardan, rentang waktunya lebih lama daripada oli mesin. Jika oli mesin diganti setiap 2.000 s/d 5.000 km, penggantian oli gardan baru diganti setelah 8.000 km. Kira-kira motor sudah digunakan selama 8 bulan.

Gangguan lain yang biasanya menyerang bagian ini adalah masuknya air ke dalam oli gardan. Untuk masalah ini kamu bisa mengeceknya sendiri, jika warna oli gardan berwarna seperti kopi susu, itu artinya air sudah menyatu dengan oli. Tapi jika warna olinya biasa, itu artinya tak ada air yang masuk.

Mengenai masalah diatas, Robi menjelaskan, "Biasanya setelah mengganti ban belakang yang harus membuka gir. Kemungkinan besar air masuk ke oli gardan saat menerjang banjir. Rajin mengecek kalau musim penghujan".

Berapa harga oli gardan?

Harga 1 botol oli gardan sekitar Rp. 12.000 - Rp. 20.000 saja. Jika kamu tau mana baut penutup saluran pembuangan oli gardan, dan mana baut untuk mengisi oli gardan, kamu bisa mengganti oli gardan sendiri.

***

Jadi, jangan lewatkan perawatan oli gardan motor skutik kamu ya! Agar kesehatan gardan motor kamu tetap terjaga dengan baik.

Terima kasih telah berkunjung! Tonton juga video-video kami disini.


EmoticonEmoticon